Yosandy Crystal Categories: Di manakah posisi Anda?

yccPada kesempatan ini saya ingin mengenalkan YCC: Yosandy Crystal Categories atau diucapkan menjadi wai-si-si. YCC ini adalah kategori orang-orang berdasarkan performance dan kompetensi yang digambarkan dalam bentuk kristal.

 

Seperti yang Anda lihat gambar berbentuk kristal, saya membagi kategori orang-orang menjadi 8 kategori, yaitu:

  1. Extraordinary / Ultimate
  2. Excellent Performance
  3. Good Performance
  4. Mediocre Result
  5. Ordinary Result
  6. Problem People
  7. Criminal People
  8. Pathologist

 

Orang-orang yang berada pada puncak kristal jumlahnya langka.  Kategori extraordinary/ultimate adalah orang-orang genius yang memiliki performance dan kompetensi luar biasa. Orang-orang ini  keberadaannya tidak terbatas pada bidang-bidang bisnis, pemerintahan, seni dan lain-lain. Mungkin kita dapat menaruh nama-nama seperti: Bill Gates, Barack Obama, Warren Buffett, Oprah Winfrey; atau siapa lagi yang cocok di kategori ini?

 

Berada pada kategori kedua dengan jumlah yang lebih banyak adalah excellent performance, orang-orang dengan performance dan kompetensi yang sangat baik. Berikutnya dengan jumlah yang lebih banyak adalah good performance, orang-orang dengan performance  dan kompetensi yang baik.

 

Mediocre result adalah kategori orang-orang di ‘pertengahan’ dengan kompetensi di atas biasa namun belum mencapai performance yang baik. Kategori ini biasa dibahasakan dengan cukup baik. Populasi orang-orang kategori ini cukup banyak di dunia ini hampir mencapai jumlah orang-orang biasa yang berada di kategori ordinary result.

 

Berada di kategori piramida terbalik dengan jumlah yang terbanyak adalah problem people, diikuti kategori criminal people dan paling sedikit adalah pathologist. Problem people adalah orang-orang dengan kemampuan rendah dan tidak produktif; criminal people menggunakan kemampuannya demi keuntungan diri sendiri dengan merugikan orang lain dan pathologist adalah orang-orang dengan gangguan perilaku/mental/psikologis yang merugikan bahkan membahayakan diri sendiri dan orang lain.

 

Tujuan hidup seseorang dapat dicapai dengan mengevaluasi diri sendiri saat ini. Pada perusahaan/organisasi/instansi evaluasi dilakukan dengan proses tes atau assessment. Tentu saja tujuan tes atau assessment ini untuk mengetahui apakah seseorang berada pada level kemampuan yang mana: sanggat tinggi atau sangat rendah? Juga untuk memprediksi dapatkah seseorang memberikan kontribusi, produktivitas atau kapasitas yang dibutuhkan.

 

Sebagai pribadi Anda juga membutuhkan assessment untuk mengetahui apakah Anda dapat mencapai tujuan hidup  dengan mengetahui posisi Anda saat ini dan menjadikannya evaluasi langkah apa yang akan diambil dari posisi kategori saat ini.

 

Bagaimana caranya? Saya menyarankan melakukan assessment dengan Graphology: evaluasi diri yang mudah, murah, cepat dan akurat. Mau?

red carpet prom dresses

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

New BEST SELLER Book

Archives

My TimeLine with Love

Linkedin