Ukuran itu Penting (dalam Tanda Tangan)

motivasi tanda tanganAnda tentu pernah mendengar pameo “ukuran itu (tidak) penting”/”size doesn’t matter“. Atau Anda justru menganut paham “ukuran itu penting”/”size does matter“? Entah untuk urusan apa hehehe.

Namun saya sepakat dengan Anda, dalam tanda tangan ukuran itu penting “size does matter (in Signatures)“. Hal ini dipublikasikan dalam Harvard Business ReviewNick Seybert, Phd. menuliskan hasil risetnya tentang ukuran tanda tangan.

Nick Seybert, Phd. adalah asisten profesor Accounting & Information Assurance dari Robert H. Smith School of Business di the University of Maryland, College Park.  Dia bersama rekannya, Sean Wang dan Charles Ham mempelajari tanda tangan dari 605 Chief Executive Officer atau CEO selama satu dekade yang ada di Laporan Tahunan/Annual Reports.

Pertanyaannya: dapatkah sedikit hal seperti tanda tangan yang besar sebenarnya dapat memprediksi kinerja/performance para eksekutif? Menurut Seybert, jelas kita tidak dapat mengatakan setiap orang dengan tanda tangan besar adalah narsis dan menjadi pemimpin yang buruk. Namun hasil penelitian pada Laporan Tahunan dengan tanda tangan berukuran besar dari CEO menunjukkan banyaknya modal yang habis, diakuisisi oleh perusahaan sejenis sampai buruknya penjualan dan pertumbuhan penjualan selama 3 sampai 6 tahun terakhir.

Tanda tangan yang berukuran besar terkait dengan ciri kepribadian narsistik seperti sifat mendominasi dan ego yang sangat besar; yang secara positif berhubungan dengan pengeluaran yang melebihi anggaran, tingkat pengembalian aset yang rendah. Semakin besar tanda tangan, semakin sedikit paten yang diciptakan dan investor, kurangnya inovasi. Temuan ini masuk akal menurut Prof. Syebert, tanda tangan berukuran besar menunjukkan sifat narsis dan pemimpin narsis sering berperilaku dengan kinerja yang minim misalnya mendominasi diskusi, mengabaikan kritik, atau meremehkan karyawan.

Berikut ini tanda tangan beberapa CEO yang dipelajari Prof. Seybert dan tingkat pengembalian asetnya. Tanda tangan yang berukuran besar ternyata berkorelasi dengan kinerja di bawah standar/underperformance.

 

 

9 Responses to Ukuran itu Penting (dalam Tanda Tangan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

New BEST SELLER Book

Archives

My TimeLine with Love

Linkedin