Pertanyaan seputar grafologi (Ask & Question) !

T : Apakah yang dimaksud dengan handwriting analysis (analisa tulisan tangan) ?

J : Handwriting analysis (analisa tulisan tangan) adalah metode ilmiah untuk mengidentifikasi, mengevaluasi dan memahami kepribadian seseorang yang diungkap melalui tulisan tangannya.

T : Apakah istilah “graphology“, “handwriting analysis” dan “graphoanalysis” adalah hal yang sama ?

J : Di Amerika ketiganya tidak memiliki arti yang identik. Meskipun istilah “graphology” dan “handwriting analysis” telah digunakan berabad-abad yang lalu untuk mendeskripsikan evaluasi kepribadian melalui studi tulisan tangan, ada beberapa perbedaan yang muncul 50 tahun terakhir.

  • Istilah “handwriting analysis” adalah istilah yang memayungi deskripsi semua bentuk dan teori tentang pemahaman karakter melalui tulisan tangan.
  • Istilah “graphoanalysis” adalah merk dagang yang merujuk pada bentuk ilmiah Amerika tentang analisa tulisan tangan yang dipelopori oleh Milton Bunker. Meskipun metode gejala coretan/trait stroke yang diajarkan oleh Bunker tidak berbeda dari apa yang diajarkan lusinan pengarang di seluruh dunia yang diterbitkan 50 tahun terakhir istilah “Graphoanalyst ” digunakan untuk membedakan orang-orang yang memilih berasosiasi dengan perusahaan yang memegang merk dagang tersebut.
  • Istilah “graphology” digunakan untuk menandai pendekatan yang lebih holistik atau Gestalt terhadap analisa tulisan tangan. Beberapa grafologis memperhatikan metode gejala-coretan/traits-stroke secara lengkap.

 

T : Apa yang dapat diceritakan tentang seseorang dari tulisan tangannya ?

J : Tulisan tangan mengungkap ratusan unsur kepribadian dan karakter seseorang. Yang terdiri dari pikiran bawah-sadar , reaksi emosional , intelek , energi , yang menakutkan dan pertahanan , motivasi , daya khayal , integritas , bakat , dan bahkan dorongan seksual dan keyakinan. Ada lebih dari 100 ciri indidual yang diungkapkan dan jumlah kombinasi yang tak terbatas.

 

T : Apakah hal yang tidak dapat diungkap oleh analisa tulisan tangan ?

J : Analisa tulisan tangan tidak dapat mengungkap umur, jenis kelamin, suku bangsa, agama, penulis tangan kanan atau kidal, juga masa depan.

 

T : Bagaimana tulisan tangan mengungkapkan kepribadian /

J : Tulisan tangan sering dikenal sebagai “tulisan otak” (brain writing). Penelitian para ilmuwan di bidang neuro-science telah menggolongkan kecenderungan gerakan neuro-muscular seperti  mereka menghubungkan ciri kepribadian spesifik yang terlihat. Setiap pola neurological otak menghasilkan gerakan neuro-muscular unik yang sama pada setiap orang yang memiliki ciri kepribadian tersebut. Ketika menulis, gerakan kecil ini terjadi tanpa disadari. Masing-masing gerakan menulis atau coretan mengungkapkan ciri kepribadian yang spesifik .

Analis tulisan tangan (Handwriting Analyst) mengidentifikasi coretan yang nampak dari tulisan tangan dan melukiskan hubungan ciri kepribadian. Tulisan tangan seperti bahasa tubuh, tetapi lebih spesifik dan dapat lebih detail menganalisa gerakan bawah sadar.

 

T : Seberapa akurat analisa tulisan tangan ?

J : Sebagian besar profesional mengklaim 85 % – 95 % akurat. Semakin tinggi jam terbang grafolognya semakin akurat pula hasilnya.

 

T : Apakah handwriting analysis itu ilmu pengetahuan atau seni ?

J :  Handwriting analysis adalah ilmu pengetahuan yang bersifat klinis. Dasar-dasar analisis yang diterapkan berasal dari serangkaian penelitian yang telah terstandarisasi secara internasional yang memenuhi kriteria ujia ilmiah secara sistematik.

 

T : Apakah tulisan jelek membuat hasil analisisnya menjadi jelek juga ?

J : TIDAK, karena yang dianalisis bukanlah bentuk tulisan (bagus atau jeleknya tulisan), namun lebih dari itu yaitu menganalisa bagaimana caranya seseorang membuat tulisan seperti : goresan alat tulisnya, tekanan, cara membuat titik, tanda baca, penempatan tulisan dalam media kertas dan masih banyak lagi. Bahkan isi dari tulisan (cerita/materi yang dituliskan) yang dibuatpun tidak akan dianalisis.

 

4 Responses to Pertanyaan seputar grafologi (Ask & Question) !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

New BEST SELLER Book

Archives

My TimeLine with Love

Linkedin