Rahasia di balik tanda tangan (Signature) edisi 1.0 !

Maksud hati ingin membagikan pengetahuan tentang grafologi secara bertahap dari level dasar (basic) sampai  level lanjutan (advanced) di blog ini hehehe :). Namun tanggal 05 Januari 2011, Bro Taufik Hidaiat dari Borneo mengirimkan direct message via Twitter. Isinya “@yosandylipsan – Boleh lah Pak Yosan bagi-bagi dikit tips tanda tangan yang baik 🙂 “.

Pagi ini saya baru membaca Twitter yang dikirim Bro Taufik Hidaiat semalam jam 19:48 “#FF @yosandylipsan – Graphologist. Apa itu? Silahkan follow dan tanya beliau 🙂 Btw, ditunggu ya Pak tips bikin tanda tangan yang baik.”

Yo wis, untuk menjawab semangat dari Bro Taufik Hidaiat saya menuliskan artikel tentang tanda tangan terlebih dahulu. Analisa tanda tangan termasuk bagian dari analisa tulisan tangan (handwriting analysis)/graphology.

Menganalisa tanda tangan dilakukan sebagai satu kesatuan dari menganalisa tulisan tangan. Analisa tanda tangan saja yang terpisah dari tulisan tangannya tidak memberikan informasi yang cukup dan selengkap menganalisa tulisan dan tanda tangan sebagai satu kesatuan.

Namun untuk suatu kebutuhan atau kondisi,  hanya bisa mendapatkan tanda tangan saja, analisa tetap dapat dilakukan. Misalnya pemimpin perusahaan/CEO yang ingin mengetahui karakter mitra bisnisnya. Bila tidak memungkinkan untuk mendapatkan tulisan tangan berikut tanda tangan misalnya dari kartu ucapan yang ditulis oleh sang mitra bisnis, dapat juga menganalisa tanda tangan di lembar check yang ditanda tangani sang mitra bisnis.

Berbeda dengan tulisan tangan yang merupakan gambaran yang mengungkap kepribadian penulis sesungguhnya, tanda tangan mengungkapkan bagaimana penulis ingin menampilkan citra dirinya kepada orang lain/lingkungan sosialnya.

Citra diri (self-image) meliputi apa yang penulis pikirkan tentang dirinya di hadapan orang lain, apa yang penulis inginkan agar orang lain berpikir tentang dirinya dan apa yang penulis pikirkan terhadap orang lain. Tanda tangan juga menjadi identitas diri penulis.

Secara garis besar menganalisa tanda tangan melihat :

  • posisi tanda tangan dari tulisan
  • posisi tanda tangan pada kertas
  • ukuran tanda tangan

 

Posisi tanda tangan dibandingkan dengan tulisan

Penulis yang meletakkan tanda tangan jauh dari tulisan menandakan jauhnya penulis dari apa yang dituliskannya. Semakin jauh tanda tangan dari tulisan maka semakin menjauhnya dari apa yang dituliskannya. Hal tersebut memberikan informasi apa yang ditulis tidak sepenuhnya benar.

Penulis yang meletakkan posisi tanda tangan dekat dengan tulisannya menunjukkan kedekatan penulis dengan isi tulisannya. Semakin dekat tanda tangan dengan tulisan memberikan informasi semakin yakinnya penulis dengan tulisannya bahwa hal yang dituliskannya adalah benar.

Posisi tanda tangan dalam kertas

Penulis yang meletakkan tanda tangan di kiri kertas mengindikasikan “self-defense” atau “self-protective” (mekanisme pertahanan diri atau melindungi diri).  Tanda tangan yang diletakkan sangat kiri menunjukkan individu yang tidak percaya diri/menarik diri. Tetapi jika penempatan tanda tangan ini ditermukan dalam hasil pekerjaan/laporan maka analisanya adalah bahwa penulisnya tidak memiliki otoritas/kebebasan dalam pekerjaannya.

Tanda tangan yang diletakan di tengah kertas menunjukkan individu yang senang untuk menjadi orang yang memiliki peranan besar dalam semua hal sehingga adanya kecenderungan banyak bicara/menarik perhatian.

Tanda tangan yang diletakkan di kanan kertas dan memiliki jarak yang baik dengan kalimat terakhir  dalam tulisan menunjukkan penulis dengan kemampuan sosial dan inisiatif yang baik.

Tanda tangan yang diletakkan secara ekstrim sebelah kanan kertas menunjukkan individu yang aktif dan sangat “hidup” tetapi ini cenderung tidak sabaran dan tidak suka dengan aturan atau prosedut yang kaku.

Ukuran tanda tangan

Ukuran tanda tangan sama dengan tulisan tangan, diikuti dengan tanda tangan yang dapat dibaca dengan jelas, sederhana (tanpa hiasan/embellishment) menunjukkan individu yang konservatif, dapat diandalkan, tenang.

Tanda tangan yang memiliki ukuran yang sama besarnya dengan tulisan tangan, menunjukkan individu yang dapat diandalkan, tenang dan cukup konservatif.

Tanda tangan dengan ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan ukuran huruf mengindikasikan individu yang introvert, sensitif, mampu membuat perencanaan kerja.

Tanda tangan yang berukuran lebih besar dibandingkan dengan ukuran tulisan mengindikasikan rasa percaya diri dan determinasi.

Tanda tangan yang berukuran jauh lebih besar daripada tulisan tangannya mengindikasikan pribadi yang ingin menjadi perhatian, egois bisa berpura-pura dan terlalu percaya diri.

 

salam sukses,

 

Yosandy L. S.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

New BEST SELLER Book

Archives

My TimeLine with Love

Linkedin