GraphoRecruitment: Alat tes rekrument & assessment yang mudah, anti-lelet dan akurat!

IMG_20151120_064636HRD suatu perusahaan biasanya menjalankan tes rekrutmen dalam proses penerimaan seorang karyawan ataupun tes assessment pada proses promosi karyawan ke jenjang di atasnya. Tes rekrutmen / assessment yang ada saat ini memerlukan waktu pelaksanaan dan hasil tes yang relatif lama.

 

Peserta tes biasanya mengikuti psikotes dengan waktu seharian dan assessor juga membutuhkan waktu yang lama untuk memproses hasil tes. Apalagi bila peserta tesnya cukup banyak sangat menyita waktu dan memerlukan jam terbang yang baik dalam menyelesaikan laporan hasil tes rekrutmen/assessment.

 

Belakangan ini sudah mulai banyak perusahaan (kembali) menggunakan tes analisa tulisan tangan. Sebelum tahun 1990an, perusahaan-perusahaan masih menggunakan tes analisa tulisan tangan (GraphoTest) sebagai alat tes rekrutment. Namun boomingnya tes IQ dan psikotes saat itu mulai menggantikan tes analisa tulisan tangan (GraphoTest).

Ketenaran tes IQ maupun psikotes kembali memudar saat ini karena prosesnya yang lama, kurang efektif dan kurang akurat. Sejalan dengan berkembanganya informasi yang lengkap mengenai tes analisa tulisan tangan (GraphoTest), perusahaan-perusahaan kembali menggunakannya. Banyak perusahaan mengirimkan team rekrutmen atau HRDnya ke workshop Certification Graphologist for Recruitment/Assessment untuk mempelajari tes analisa tulisan tangan (GraphoTest) sehubungan dengan proses penerimaan atau pun promosi karyawannya.

 

Screenshot_2015-11-20-07-22-05Apa keistimewaan tes analisa tulisan tangan (GraphoTest) ini? Pertama, proses pelaksanaan tes sangat mudah. Peserta tes hanya diminta untuk membuat tulisan tangan pada kertas polos berukuran A4. Tidak ada instruksi tes yang rumit dan banyak.

Kedua, waktu tes yang cepat. Dari pengalaman yang sudah ada, peserta rata-rata membutuhkan waktu 15 sampai 30 menit untuk membuat tulisan tangan yang diminta.

 

Terakhir dan yang terpenting adalah akurasi tes. Graphotest diakui oleh psikolog dan psikiater Harvard University setelah 10 tahun antara tahun 1920 – 1930 melakukan riset tentang akurasi tes analisa tulisan tangan ini. Tak kurang pencipta tes IQ yaitu Binet dan psikolog kepribadian terkemuka, Gordon Allport melakukan tes terhadap 100.000 sampel tulisan tangan di bawah mikroskop.

 

Hasil riset para psikolog dan psikiater memantapkan Harvard University pada tahun 1930 mengumumkan bahwa analisa tulisan tangan adalah ukuran yang signifikan dan akurat mengenai kepribadian individu.

 

Bahkan dengan hanya single battery test atau alat tes tungggal dapat mengungkap aspek-aspek yang banyak sesuai kebutuhan dalam mengevaluasi penerimaan kandidat karyawan maupun promosi karyawan di suatu perusahaan. Aspek-aspek tersebut dalam handwriting analysis report atau psikogram dapat dibuat seperti berikut:

Psikogram CANDIDATE

Ingin alat tes rekrutmen atau assessment yang yang mudah, anti-lelet dan akurat? Ikuti workshop Certification Graphologist for Recruitment/Assessment di Jakarta  2017.

gr-at-gramedia

Graphology for recruitment_cover depan

 

One Response to GraphoRecruitment: Alat tes rekrument & assessment yang mudah, anti-lelet dan akurat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

New BEST SELLER Book

Archives

My TimeLine with Love

Linkedin