Not leadershit…. This is LEADERSHIP with Graphology!

break the rulesDi kantor Anda lebih banyak bossy manager atau true leader? Mungkin true leader ada namun langka untuk ditemui. Sebagai anak buah, hanya dapat berkeluh kesah atau memendamnya dalam hati. Bagi karyawan yang memiliki kompetensi baik memikirkan alternatif  untuk pindah perusahaan karena perilaku atasan biang racun atau toxic manager. Atasan biang racun ini seringkali menjadi penyebab tingginya turn over karyawan. Marcus Buckingham dan Curt Hoffman dari Gallup Organization, menyatakan karyawan bukan meninggalkan perusahaannya, mereka meninggalkan manajernya.  Namun manajer model biang racun atau leadershit ini tidak menyadari hal ini atau lebih buruknya para leadershit ini tidak peduli dengan perilaku mereka.

Gallup Organization melakukan penelitian dengan lebih dari 1.000.000 orang dan 80.000 manajer. Marcus Buckingham dan Curt Hoffman menuliskan hasil penelitian ini dalam buku mereka yang berjudul First Break All the Rules (Pertama, Langgar Semua Aturan ~ Hal-hal yang dilakukan secara berbeda oleh para manajer terhebat dunia). Berikut ini hasil penelitiannya:

  • Jika orang-orang yang bagus meninggalkan perusahaan, lihatlah atasan langsung/tertinggi di departemen mereka. Lebih dari alasan apapun, dia adalah alasan orang bertahan dan berkembang dalam organisasi. Dan dia adalah alasan mengapa mereka berhenti, membawa pengetahuan, pengalaman, dan relasi bersama mereka.
  • Orang meninggalkan manajer/direktur Anda, bukan perusahaan. Begitu banyak uang yang telah dibuang untuk menjawab tantangan orang yang bagus, dalam bentuk gaji yang lebih besar, fasilitas dan pelatihan yang lebih baik. Namun pada akhirnya, penyebab kebanyakan orang keluar adalah manajer. Kalau Anda punya masalah pergantian karyawan yang tinggi, lihatlah para manajer/direktur Anda terlebih dahulu.
  • Apa yang diinginkan oleh karyawan paling berbakat dari tempat kerja mereka? Penemuan paling penting dari kebanyakan karyawan produktif dan berbakat adalah kebutuhan adanya manajer hebat. Cara untuk mengukur tempat kerja yang kuat yaitu tempat kerja yang menarik dan mempertahankan karyawan paling produktif dan mengusir serdadu jalanan, adalah manajer – bukan gaji, tunjangan, bonus, yang memegang peranan penting dalam mengembangkan tempat kerja yang kuat.
  • Manajer hebat memiliki kecerdasan yang unik dalam hal ujian kecerdasan tingkat tinggi adalah kemampuan untuk menyimpan dua hal yang bertentangan di dalam pikiran pada saat yang sama, sambil tetap menjaga kemampuan untuk berfungsi. Mereka memiliki gaya yang berbeda dalam hal motivasi, pengarahan maupun hubungan.

Perilaku yang berbeda-beda mungkin Anda lihat dan rasakan pada gaya para leadershit di tempat kerja. Para leadershit biang racun ini menjadi pemicu stres terbesar dalam lingkungan kerja, alih-alih memotivasi karyawan justru merekalah yang bertanggung jawab tersangka demotivasi karyawan. Mereka suka orang-orang menjilat mereka dan juga menerapkan gaya menjilat kepada bosnya. Win-lose adalah prinsip leadershit ini, I win you lose!

Lingkungan kerja menjadi tidak menyenangkan dan sumpah serapah para karyawan di balik leadershit ini. Tentu tak berani di depan, apalagi mereka yang masih berharap transferan gaji masih lancar setiap bulannya. Para serdadu jalanan menurut istilah Gallup Organization ini terbentuk karena kurangnya kompetensi sehingga mereka memiliki loyalitas semu pada para leadershit. Ini budaya yang diciptakan para leadershit, memelihara mereka yang menjilat padanya walaupun tidak produktif dan menyingkirkan orang-orang yang tidak disukai walaupun karyawan produktif dan berbakat.

Sampai pada saat Manajemen menyadari kerugian bahkan kerusakan yang ditimbulkan leadershit dan mulai membentuk suatu budaya kepempimpinan yang postif dengan pemimpin sejati atau True Leader. Manajemen perlu mengevaluasi para leadershit akankah berubah menjadi True Leader yang membawa leadership yang positif bagi kemajuan perusahaan termasuk karyawannya.

Graphology tentu saja sangat membantu perusahaan/instansi/organisasi yang ingin membentuk budaya kepemimpinan yang positif. Bila pelatihan leadership menyajikan pengetahuan dan konsep penting mengenai kepemimpinan, Graphology melengkapi budaya leadership ini dengan demonstrable evidence ada atau tidaknya kepemimpinan positif  dalam tiap manajernya. Graphology dapat mengevaluasi apakah manajer yang ada ini leadershit atau True Leader dengan mengungkap karakter dan kepribadian asli seorang manajer.

Ini karakteristik True Leader yang ingin diungkap dan seterusnya dibentuk dan dipertahankan:

  • visioner dan mampu mencapainya bersama tim
  • memiliki motivasi tinggi dan mampu membangun motivasi positif dalam lingkungannya
  • mampu move on dari masa lalu
  • memiliki kepercayaan diri yang baik dan mampu membangun kepercayaan diri timnya
  • kemampuan planning yang baik dan high achiever
  • IQ, EQ dan SQ yang baik
  • integritas dan kejujuran menjadi prinsip hidupnya
  • dll.

Ayo kita membongkar karakteristik True Leader untuk membangun Great Leadership melalui workshop in-house LEADERSHIP with Graphology di tempat Anda!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

New BEST SELLER Book

Archives

My TimeLine with Love

Linkedin