Pengalaman grafologikoe doeloe (1) !

Awal berkenalan dengan grafologi di tahun 1993-an, di Indonesia masih menggolongkannya sebagai kelompok bidang parapsikologi. Kelompok bidang parapsikologi waktu itu antara lain ESP (extra sensory perception), palmitry (ilmu tentang garis tangan), telepati dll. Ada juga yang mengatakan grafologi atau analisa tulisan tangan (handwriting analysis) sebagai pseudo-science (pengetahuan yang tidak ilmiah).

grafologi

Dengan kondisi seperti saya mempelajari sekilas lalu dengan lebih banyak fokus dalam analisa tanda tangan dan sebagian ciri (traits) dalam tulisan tangan. Mengubah tanda tangan bagi saya dan orang-orang yang saya ajak mengubah tanda tangan ternyata membawa dampak positif. Hasil tersebut membuat saya semangat memprovokasi orang-orang untuk mengubah tanda tangannya. Terutama untuk mereka yang memperlihatkan potensi yang kuat namun kehidupan pribadi maupun karirnya tidak berkembang.

Saya banyak mendapat update dari mereka yang telah mengubah tanda tangan mendapatkan perubahan yang signifikan dalam kehidupannya dan dalam waktu yang relatif singkat. Ada resepsionis yang mendapatkan jabatan yang lebih tinggi, ada supervisor yang lebih PD dan meraih posisi manager, ada yang mengalami peningkatan dalam komunikasi dengan pasangan dan teman-temannya dll.

Pengakuan terakhir datang dari staff yang saya provokasi mengubah tanda tangannya dua tahunan lalu. Staff saya ini memiliki potensi dan kemampuan yang baik. Saya berharap dia mendapatkan karir yang lebih tinggi. Setelah perubahan tanda tangan dia memang memperlihatkan prestasi yang lebih baik dan menjadi star yang dalam proses promosi ke level jabatan berikutnya.

graphotherapy

Namun yang mengejutkan dari pengakuannya adalah peningkatan kekuatan fisiknya. Hal yang luput dari pengamatan saya. Memang saya tahu sebelum dia mengubah tanda tangannya kondisi fisiknya cukup lemah dan sering sakit. Bahkan dua tahun yang lalu sempat terkena typus karena kecapean bekerja. Dua bulan yang lalu dia mengatakan efek dari perubahan tanda tangannya membuatnya jarang sakit bahkan satu tahun terakhir tidak ada absen karena sakit.

Dia juga menceritakan sebelumnya sering pingsan bila mengikuti kegiatan ibadah. Sekarang hal tersebut tidak pernah terjadi, dia menjadi begitu berenergi dan semangat tinggi dalam meraih prestasi. Setiap bulan nama dan fotonya terpampang sebagai karyawan yang berkontribusi ide terbanyak di perusahaan. Hal ini yang menguatkan keyakinan bahwa graphoterapy sangat efektif.

Pengalaman lain dalam tugas sebagai Manager Personalia & Umum untuk approval/persetujuan bon-bon pengeluaran biaya yang diklaim oleh karyawan. Saya ingat tiga tahun lalu seorang karyawan yang menggunakan mobil operasional dan mengklaim pembelian bensin. Ada kebijakan di perusahaan bahwa klaim pembelian bensin harus berupa struk digital dari pom bensin dan diijinkan struk manual (tulisan tangan) apabila pom bensin tidak memiliki mesin struk digital.

Karyawan tersebut mengajukan struk manual disertai alasan bawah pom bensin tersebut tidak memiliki mesin struk digital (daerah Bekasi). Namun mata saya sudah menangkap ciri/traits kebohongan pada struk tersebut. Karyawan tersebut tetap ngotot bahwa itu tulisan petugas pom bensin dan tidak memiliki mesin struk digital.

Rasa penasaran membuat saya sendiri yang mencari informasi ke pom bensin tersebut. Dan Anda tentu bisa menduga bahwa pom bensin tersebut ternyata memiliki mesin struk digital. Walaupun pom bensin tersebut menyediakan nota/bon namun tidak ada petugas yang memiliki tulisan dan tangan tangan seperti struk karyawan tersebut. Akhirnya karyawan tersebut mengaku itu tulisan tangannya sendiri dan diproses untuk diberikan sanksi karena pemalsuan.

(bersambung…)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

New BEST SELLER Book

Archives

My TimeLine with Love

Linkedin