“Deep Sleep” : Tidur Nyenyak Dan Berkualitas

Semua orang membutuhkan tidur untuk mengistirahatkan tubuh dan pikirannya setiap malam. Idealnya kebutuhan tidur sekitar delapan jam setiap malam. Tidur malam adalah hal mendasar yang mendukung kesehatan dan membuat Anda awet muda. Pada waktu tidur, tubuh melakukan perbaikan dan penyegaran kembali sistem tubuh. Saat itu, otak juga beristirahat untuk melakukan penyimpanan informasi yang terjadi sepanjang hari.

Fakta membuktikan, orang-orang dengan lama tidur malam hari kurang dari enam jam akan menghadapi resiko virus lebih tinggi dan berisiko mengalami penyakit jantung serta stroke. Kurang tidur menyebabkan kemunduran mental bahkan dapat menyebabkan kematian. Saya tidak berniat menakut-nakuti Anda, anggap saja saya mengingatkan Anda untuk memenuhi kebutuhan tidur Anda.

Cukup banyak orang-orang yang mengalami gangguan tidur seperti : tidur tidak nyenyak dan sering terbangun, ada juga yang sulit tidur kembali bila terbangun saat tidur di malam hari, atau tidur hanya dua tiga jam setiap malam. Gangguan tidur ini berhubungan dengan kemampuan kelenjar pineal dalam menghasilklan hormon melatonin. Hormon melatonin ini berperan dalam pengaturan mentruasi, mengendalikan gairah pada pasangan, menurunkan denyut jantung dan tekanan darah, meningkatkan sistem imun, meredakan stres dengan menghambat respon stres tubuh. Hubungan dengan kebutuhan tidur, hormon melatonin mengatur pola tidur Anda.

Kelenjar pineal memproduksi hormon melatonin pada saat malam ketika lampu dimatikan. Itulah sebabnya untuk tidur nyenyak Anda perlu memadamkan lampu atau meredupkan cahaya lampu di kamar. Hindari hidup dalam kondisi lampu terang benderang ! Kekurangan hormon melatonin akan mengganggu pola tidur normal. Produksi hormon melatonin mencapai puncaknya di usia lima tahun dan menurun setelah itu. Itu sebabnya bayi dengan mudah tidur dalam waktu yang lama. Pada usia lebih dari 60 tahun, 80 persen kadar melatonin hilang dari tubuh. Dan pada saat itu kualitas tidur juga menurun.

Untuk itu segera atasi sedini mungkin bila mengalami gangguan tidur. Jangan meniru orang-orang yang menganggap gangguan tidur bukan masalah yang serius. Gangguan tidur akan berdampak pada kesehatan dan penuaan. Cukupi saja kebutuhan tidur Anda, saya akan terus mengingatkan hal ini karena ini penting untuk Anda.

Perhatikan hal-hal berikut ini sebagai bagian dari  kebiasaan rutin yang membuat Anda tidur dengan nyenyak dan berkualitas :

  • Kamar yang gelap dan udaranya nyaman untuk Anda, kedua hal ini akan membuat kelenjar pineal memproduksi hormon melatonin untuk membuat Anda nyenyak
  • Sebaiknya tidak menaruh TV di kamar tidur, Anda dapat menggantikan dengan perangkat musik untuk memainkan musik-musik relaksasi dengan volume rendah menjelang tidur
  • Kenakan pakaian yang longgar dan nyaman untuk tubuh Anda
  • Jadwalkan jam tidur dan bangun yang standar
  • Periksa kasur Anda apakah membuat Anda tidur dengan nyaman atau tidak

Pada saat Anda sudah di tempat tidur untuk tidur malam, lanjutkan kebiasaan self talk Anda. Setelah berdoa, memberikan apresiasi kepada tubuh dan pikiran, lanjutkan dengan self talk untuk meminta tubuh dan pikiran untuk beristirahat dan tidur nyenyak.

Berikut ini self talk yang saya lakukan pada saat tidur malam, Anda boleh mengucapkannya dengan kalimat Anda sendiri. “Tubuhku engkau telah membantuku beraktivitas sepanjang hari, istirahat dan tidurlah senyenyak-nyenyaknya. Pikiranku pun engkau telah melakukan banyak hal sepanjang hari, istirahat dan tidurlah dengan senyenyak-nyenyaknya bersama tubuhku dari sekarang sampai besok pagi jam 5. Selama tidur pulihkan kembali tenagaku dan segarkan kembali pikiranku. Besok bangunlah dalam kondisi sehat dan segar penuh semangat untuk beraktivitas kembali“.

 

Salam sukses,

 

Yosandy L. S.

4 Responses to “Deep Sleep” : Tidur Nyenyak Dan Berkualitas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

New BEST SELLER Book

Archives

My TimeLine with Love

Linkedin