Berapa Harga Diri Anda ?

Ada orang yang tersinggung bila orang lain tidak menghargainya. Ada orang yang menuntut orang lain menghargai dirinya. Boleh jadi mereka tersinggung atau menuntut karena merasa sudah menghargai orang lain. TIdak selalu menunjukkan ketersinggungan atau tuntutan pada orang lain dengan pesan yang jelas, namun ada juga yang menunjukkan dengan jelas.

 

Sebaliknya ada orang yang membiarkan dirinya diperlakukan tidak selayaknya. Mereka pasrah direndahkan orang lain seolah wajar diremehkan orang lain. Merelakan dirinya dianggap tidak bernilai di mata orang lain.

 

Di sisi lain ada orang yang begitu menghargai orang lain. Ada yang berlebihan, ada yang sekedarnya ada yang karena niatan mendapatkan keuntungan dari menghargai seseorang. Ada yang menghargai orang karena  kekayaaannya, status sosial, jabatan dll.

 

Padahal menghargai seseorang jauh lebih baik karena memandangnya sebagai sesama manusia yang saling menghargai. Juga bukan menghargai orang lain bukan karena orang lain menghargai Anda terlebih dahulu. Hargailah orang lain karena menghargai adalah perbuatan yang baik terlepas orang lain menghargai Anda atau tidak.

 

Tak perlu kecewa, tersinggung, bersedih bila orang lain tidak menghargai Anda. Orang lain juga belum tentu menghargai Anda dengan tepat atau sesuai harapan Anda. Hanya diri Anda yang mampu menghargai diri dengan tepat.

 

Sudahkah Anda menghargai diri sendiri dengan baik ? Diri Anda, tubuh dan pikiran telah menjadi bagian diri Anda yang telah memberikan banyak hal. Apakah Anda sudah cukup memberikan penghargaan yang sesuai bagi diri Anda ? Bila belum, bagaimana Anda perlu tersinggung atau menuntut orang lain menghargai diri Anda ? Wong diri sendiri saja tidak menghargai dengan baik kok minta orang lain yang menghargai hehehe…

 

Berapa harga diri Anda ? Hanya Anda sendiri yang tahu dengan tepat. Berikanlah penghargaan yang tepat dan cukup untuk diri sendiri. Penghargaan dari orang lain jangan jadikan kebutuhan, anggap saja sebagai bonus. Demikian sebaliknya penghargaan kepada orang lain jangan jadikan basa-basi, formalitas atau sekedar membalas penghargaan orang lain namun jadikan  sebagai perbuatan baik yang menjadi karakter Anda yang terpuji.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

New BEST SELLER Book

Archives

My TimeLine with Love

Linkedin