Alamat Palsu membahagiakan Ayu Ting-Ting, kalau tanda tangan palsu ?

Telpon kemarin itu ternyata membawa kasus yang menarik dibaliknya. Suara seorang wanita yang terdengar penuh keprihatinan. Logatnya yang cukup khas mencirikan warga dari negara asing tertentu. Mengenalkan dirinya  sebagai Ms. SN. dan menanyakan apakah saya sebagai Certified Handwriting Analyst dapat membantunya untuk mengenali keaslian tanda tangan seseorang.

 

Tentu saja saya dengan senang ingin membantunya. Akhirnya kami membuat janji untuk bertemu membantu kasusnya. Selepas telpon darinya, saya membuka email ternyata ada email dari Ms. SN juga. Dia menyampaikan memiliki softcopy tanda tangan yang ingin diverifikasi. Saya me-reply email tersebut memintanya mengirimkan softcopy tanda tangan tersebut.

 

Dia membalas email dan menyertakan 4 (empat) tanda tangan. Pekerjaan yang sehari-hari menganalisa tulisan tangan dan tanda tangan dengan segera mengenali perbedaan tanda tangan asli dan 3 (tiga) tanda tangan palsu. Selain terlihat jelas perbedaan bentuk tanda tangan juga terdapat perbedaan tekanan (pressure traits) antara tanda tangan 1 dengan 3 tanda tangan lainnya.

 

Yang seru adalah cerita dibalik verifikasi tanda tangan tersebut. Tiga tanda tangan palsu atas nama top manajemen dengan inisial KP  tersebut dicantumkan pada surat peringatan pertama, kedua dan ketiga dari perusahaannya bekerja. Surat peringatan ketiga juga sekaligus memberhentikan Ms. SN.  Yang memprihatinkan adalah hal itu terjadi di perusahaan multinasional asing terkemuka. Saya sampai terheran-heran demikian juga yang disampaikan MS. SN saat bertemu atas tindakan dari perusahaan tersebut.

 

Betul itu bukan perusahaannya yang melakukan. Kerennya kita sebut ‘oknum’ yang menginginkan Ms. SN keluar dari perusahaan tersebutlah pelakunya. Sungguh keberanian yang nekat dari ‘oknum’ tersebut. Idealnya tidak mungkin manajemen perusahaan tersebut mengijinkan kejahatan seperti itu. Namun perusahan juga perlu mengevaluasi kebijakan pemberhentian karyawannya agar sistemnya tidak mudah dibobol atau dicurangi ‘oknum’ yang mengejar kepentingannya semata.

 

Sungguh peka Ms. SN mencurigai keaslian dokumen yang dia terima dan  mencari tahu orisionalitas tanda tanda tersebut. Ternyata bukan Ayu Ting Ting saja yang mendapat Alamat Palsu, Ms. SN juga mendapat tanda tangan palsu. Bila Ayu Ting Ting mendapatkan kebahagiaan dengan suksesnya Alamat Palsu, justru Ms. SN mendapatkan kesusahan kehilangan pekerjaan akibat suksesnya tanda tangan palsu. Semoga hal ini tidak terjadi pada Anda !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

New BEST SELLER Book

Archives

My TimeLine with Love

Linkedin