Hanya 5 Persen !

Rata-rata per bulan, saya menganalisa sekitar 200 sampel tulisan tangan kandidat karyawan yang menjalani proses rekrutmen karyawan baru. Dalam 6 bulan terakhir berarti telah 1.200 kandidat karyawan yang telah dianalisa tulisan tangannya. Tentu jumlah angka yang relatif besar !

 

Namun dari jumlah tersebut justru sangat sedikit yang memenuhi kualifikasi dan diterima sebagai karyawan yaitu sekitar 60 orang. Dalam persentase berarti hanya 5 % saja. Mayoritas kandidat yang tidak memenuhi kualifikasi masing-masing lowongan/posisi antara lain karena :

  • Minimnya pengembangan diri dan pemberdayaan kecerdasan intelegensi
  • Karakteristik psikologis yang menghambat pretasi kerja seperti menunda, tidak teliti, mudah cemas, percaya diri rendah dll.
  • Tingkat kecerdasan emosional yang tidak dikelola dengan baik
  • Motivasi rendah dalam mencapai tujuan
  • Tingkat kejujuran dan integritas yang beresiko terutama penempatan di bidang keuangan

 

Kondisi ini tentu saja memprihatinkan. Sebagian besar dari kandidat tersebut karyawan yang masih bekerja di perusahaan lain. Bila perusahaan tempatnya bekerja memiliki sistem pelatihan/training karyawan yang baik tentu dapat mengembangkan diri karyawan seperti itu. Bila tidak dan kandidat tersebut kurang memiliki kesadaran pengembangan diri tentu kualitasnya tidak akan meningkat. Hal tersebut menjadi kerugian bagi kandidat dan perusahaan tempatnya bekerja.

 

Bagaimana dengan mereka yang masih menganggur ? Ini juga menjadi keprihatinan tersendiri. Di satu sisi mereka fokus untuk mencari pekerjaan. Di sisi lain kemampuan untuk bekerja dari kandidat ini masih rendah. Tak jarang para kandidat ini datang dengan diri apa adanya juga kondisi pendidikan dan pengalaman yang seadanya.

 

Salah satu jalan keluar untuk mereka adalah training/pelatihan yang dapat memudahkan mereka memotivasi dan mengembangkan diri sendiri. Kendala bagi mereka yang menganggur adalah keterbatasan keuangan. Begitu juga bagi mereka yang masih bekerja namun gaji minim dan perusahaannya tidak memiliki sistem pelatihan/training. Maukah Anda membantu mereka ini ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

New BEST SELLER Book

Archives

My TimeLine with Love

Linkedin